DASA AKUSALAKAMMAPATHA

Dasa Akusalakamma berasal dari kata Dasa artinya sepuluh, Akusala artinya tidak baik atau jahat, Kamma artinya perbuatan, Patha artinya jalan atau cara. Dasa Akusalakammapatha artinya sepuh cara berbuat jahat, terdiri dari :
1.     Dilakukan oleh pikiran (Akusala Mano Kamma) al: Keserakahan (Lobha), Kebencian (Dosa), Kebodohan (Moha).
2.    Dilakukan oleh badan jasmani (Akusala kaya kamma) al: Membunuh, Mencuri, Berbuat asusila.
3.    Dilakukan oleh pikiran (Akusala Vaci kamma) al: Berbohong, Berkata kasar, Memfitnah, Omong kosong.

Secara umum akibat dari Akusala kamma adalah seseorang terlahir di alam yang menderita. Oleh karena itu hendaknya kita mengisi pikiran kita dengan perbuatan yang baik (metta, karuna, mudita, upekkha). Untuk lebih jelasnya kita akan uraikan akibat dari Akusala kamma:
1.     Keserakahan adalah suatu keinginan untuk memiliki sesuatu yang lebih dengan tidak memperdulikan penderitaan orang lain. Akibatnya tidak tercapainya suatu keinginan yang diharapkan baik sekarang maupun yang akan dating.

2.    Kebencian adalah ketidaksenangan atau kebencian. Akibatnya : memiliki wajah buruk, menderita sakit, watak tercela dalam kehidupan akan dating.

3.    Kebodohan adalah perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Akibatnya : terikat atau melekat pada benda maupun keadaan, kurang bijaksana, kurang kecerdasan, memiliki pendapat yang tercela.

4.    Membunuh adalah suatu perbuatan yang menyebabkan makhluk (manusia dan binatang) meninggal atau mati. Akibatnya : pendek umur, berpenyakitan, selalu dalam kesedihan.

 5.    Mencuri adalah suatu perbuatan yang dilakukan dapat merugikan orang lain. Akibatnya : hidup dalam kemiskinan, dinista dan dihina, dirangsang oleh keinginan yang selalu tidak tercapai, hidup tergantung orang lain.

6.    Berbuat asusila adalah melukan hubungan sexual yang bukan suami istri. Akibatnya : memiliki banyak musuh, beristri atau bersuami yang tidak disenangi, terlahir dalam keadaan waria, terlahir sebagai wanita atau pria dengan kelainan sexsual.

7.    berbohong adalah tindakan yang dilakukan untuk menipu orang lain. Akibatnya : menjadi sasaran pembicaraan orang lain, tidak dipercaya ucapannya.

8.    Berkata kasar adalah kata-kata yang merendahkan martabat orang lain. Akibatnya : sering dituduh yang bukan-bukan oleh orang lain sekalipun tidak melakukan, menerima suara yang tidak enak didengar.

9.    Menfitnah adalah perbuatan yang membuat orang lain disalahkan atau dituduh melakukan perbuatan yang tidak  pernah dilakukan. Akibatnya : akan kehilangan sahabat tanpa sebab yang berarti.

10.  Omong kosong adalah ucapan, pembicaraan, atau cerita yang tidak ada manfaatnya. Akibatnya : menderita penyakit karena anggota badan tidak berfungsi dengan baik, tidak dipercaya pembicaraannya oleh orang lain.