Ada Nggak Doa-doa dalam Agama Buddha?

Kita harus bisa melihatnya dari beberapa sudut pandang:
1. Doa menurut KBBI adalah permohonan, permintaan, pujian kepada Tuhan YME. Dalam kasus ini, secara umum agama Buddha dapat dikatakan tidak berdoa karena pengertian "doa" dalam agama Buddha tidak pernah dikaitkan dengan permohonan/permintaan sesuatu (mengingat di dalam agama Buddha diajarkan Hukum Karma yaitu hukum sebab-akibat dimana kitalah yang harus bertanggung jawab atas perbuatan kita)

2. Akan tetapi dalam agama Buddha tradisi apapun dikenal yang namanya "doa" meskipun dalam konteks yang agak sedikit berbeda. Doa dalam agama Buddha dapat diartikan sebagai pengulangan kembali (membaca kembali sambil merenungkan) khotbah-khotbah Buddha Gotama (biasa disebut sutra/sutta dan paritta) yang bertujuan untuk selalu mengingatkan umat Buddha terhadap ajaran yang sudah diberikan dan berniat untuk melaksanakannya. Mengingat agama Buddha merupakan agama yang homosentris, maka doa selalu dibarengi dengan praktek meditasi.

3. Pada tahapan yang lebih tinggi, dalam agama Buddha dikenal "upaya" mentransfer jasa perbuatan baik yang telah kita lakukan kepada makhluk lain (parinamana) yang menekankan aspek doa dan niat tulus. Bahkan doa dalam agama Buddha dikenal "doa aktif" yaitu aktifitas pikiran dan kesadaran yang terus dikembangkan, biasanya dengan selalu sadar dan mengharapkan kebahagiaan semua makhluk. Dengan demikian doa dalam agama Buddha juga dapat diartikan sebagai pengharapan menyangkut keselamatan makhluk lain.

4. Pada beberapa tradisi seperti Vajrayana ataupun Mahayana, terdapat begitu banyak ritual doa yang rumit dan kompleks. Anggapan yang ada, semakin tekun Anda berdoa, semakin menunjukkan rasa bakti dan niat tulus Anda dalam mengharapkan sesuatu. But beyond all these practices the Buddha emphasized the primacy of individual practice and experience.

5. Sebuah doa yang paling terkenal dan paling pendek dalam agama Buddha adalah: "Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta" yang artinya "Semoga semua makhluk berbahagia" (makhluk apapun itu juga)