TEMPAT-TEMPAT ZIARAH AGAMA BUDDHA


Dalam Mahaparibnibbana Sutta (khotbah saat-saat terakhir Sang Buddha) Sang Buddha bersabda “Ananda ada empat tempat bagi seorang berbakti seharusnya pergi berziarah, menyatakan sujudnya dengan perasaan hormat. Bagi mereka yang dengan keyakinan yang kuat melakukan ziarah ketempat-tempat suci, maka setelah meninggal dunia mereka akan terlahir kembali di alam surga. Berziarah ketempat-tempat suci agama Buddha disebut Dharmayatra.
       Ada empat tempat suci bagi agama Buddha yaitu:
1.      Taman Lumbini
2.      Buddhagaya
3.      Taman Rusa Isipatana
4.      Kusinara


Taman Lumbini
     Taman Lumbini adalah tempat suci bagi agama Buddha karena sebagai tempat kelahiran Bodhisatva Sidharta Gautama, di Taman Lumbini terdapat pilar Raja Asoka yang bertuliskan “Disinilah tempat Bodhisatva Siddharta dilahirkan.”

Buddha Gaya
     Buddha Gaya sebagai tempat suci karena di tempat ini Buddhisatva Sidharta mencapai penrangan sempurna dan menjadi Buddha. DiBuddha Gaya dibangun stupa besar sedang di sekitar pohon Bodhi dibangun berbagai vihara.

Taman Rusa Isipathana
     Taman Rusa Isipatahana sekarang benama Sarnath. Adalah tempat suci karena di Taman inilah Sang Buddha memberikan Dhammacakka Pavathanana Sutta ( pemutaran roda Dhamma yang pertama kali) kepada lima orang pertapa.

Kusinara
     Kusinara sebagai tempat suci bagi umat Buddha karena sebagai tempat Sang Budhha parinibbana atau wafat. Sang Buddha wafat pada usia yang ke 80 tahun.